Hello again, Osaka! ( Japan Itinerary day 1-2)

Japan Itinerary, siapa yang nungguiiiin? hihihi…. ini yaaaa…

Day 01

Setelah berjalan2 di HK, kita melanjutkan perjalanan ke Jepang via HKIA. Nanti kita akan balik ke Indo lagi via HKIA, krn saya males long flight – jadi pulangnya ambil Narita – HKIA dulu. Salah satu alasan lainnya adalah… kita jadi bisa nyewa portable wi-fi dengan harga 20rb ajaaaa perharinya buat di Jepang! Thanks to Klook!

Dari Hong Kong airport, kita naik pesawat jetstar menuju ke Kansai International Airport. Kenapa ke Osaka dulu? Karenaaa cuma sekitar 3 jam setengah dari HK. Perjalanan dimulai sekitar jam 9 malam waktu HK, dan kita sampai di Kansai sekitar jam 1 pagi.Flight was super smooth, mungkin karena cuacanya sangat baik yaaa, kayak ga naik pesawat, kaya ga maju malah hahahah…. Oh iya, ini bukan kali pertama kita stay di airport. Kenapa milih stay di airport? Karena kita ga mau rugi bayar hotel nanggung, dan mau makan udon¬†ūüėõPlus beli koper buat pindahin isi backpack yang udah penuh.¬†

Pas berangkat dr indo kita emang ga pesen bagasi, cuma bekel baju buat ke HK, dan belanja baju heat tech, jaket dll untuk ke Jepang pas di HK.

Btw, selagi nunggu di Kansai Airport, kita sempet tidur di kursi, tidurnya bisa selonjoran/nyamping sih.. Bukan di lantai arrival ya, tp di atas di mana banyak resto. Lanjut shalat subuh di prayer room di lantai paling atas, trus nunggu sampe Aya bangun dan resto udon halal buka. Bangun-bangun anter dia beli gacha (surprise egg khas Jepang) lalu lanjut makan udon. Kalau mau beli minum dll ada Family Mart dan Lawson, buat nanya cemilan yg halal kita nanya temen yang udh tinggal lama di Jepang, juga intip web-web yang ngasih panduan produk halal, seperti halalnavi, FB-nya serijaya.. dll.

Di The.Udon / Za.Udon¬†https://www.halalgourmet.jp/restaurant/283¬†kita sarapan pagi. Favorit saya adalah bukake udon, udon dengan kuah yang lebih sedikit, namun rasanya lebih pekat dan unik.. berhubung di Indo udah ada marugame yaaa, jadi di Jepang carinya yang kuahnya spesial hihi… Dia juga jual macem2 gorengan, favorit saya adalah chikuwa yang dikasi nori. BEST!
Untuk harga, kurang lebih ada di kisaran 1000 yen satu porsi – rata2 harga makanan halal di Jepang sekitar 700-2500 yen per porsi/set.

Setelah makan, kita belanja koper, beli jaket, baru agak siangan kita berangkat dengan naik bis ke arah umeda. Tiket bis airport ini kita beli di klook. Kenapa di klook? Karena klook ini banyak diskonnya! Trus kan kita travelnya lumayan lama, termasuk yang ke HK, kita sengaja beli macem2 tawaran dari Klook biar bisa dapet promo belanja 4,5 juta diskon 1 juta. Lumayan banget kaaan!
E-voucher tiggal ditunjukkin ke counter H.I.S yang ada di lantai arrival, lalu kita dikasih tiket bus yang bisa dipakai jam berapa aja hari itu.

Bus berhenti di dekat osaka station, dari sana kita lanjut naik kereta menuju penginapan airbnb yang ternyataaaa dekeeeet banget dari exit stasiun daikokucho. Cuma satu menit jalan kaki dari exit. Alhamdulillah… ga usah jauh2 geret koper. Dulu banget pernah soalnya pas winter, airbnb-nya 10 menit jalan kaki. Mana di luar dingin. brrrrr…. Jadi kalau pergi di musim yang mulai dingin (kemarin udah belasan derajat sih di Osaka), apalagi musim dingin, carilah penginapan yang tinggal ngesot dari exit stasiun. Ini link airbnbnya yaa¬†https://www.airbnb.co.id/rooms/18999526

Airbnb ini berada bukan di pusat keramaian, tapi apartmennya baguus, suasana sekitar juga nggak terlalu ramai tapi enak buat jalan kaki. Dari apartemen kita, ada 2 tempat makanan halal yang bisa dijangkau dengan jalan kaki saja. Yang paling dekat adalah Vitti Restaurant & Cafe. Kita tau resto ini karena ketika kita jalan makan malem ke ramen Honolu, kita ngelewatin restonya. Karena dia buka dari pagi, maka bole laaaah direncanakan buat beli sarapan besok.

Hari pertama ini kita nyantai bangeeet, udh nyantai lama di Kansai, nyampe apartemen nyuci baju yang udah dipake di HK. Baru keluar lagi pas udah rada gelap buat pergi makan. Gelapnya cepeeet, sekitar jam 5 aja udah magrib. Oh iya, yang perlu diperhatikan adalah jam buka resto! Karena ngga semua resto halal di Jepang buka terus, biasanya ada jamnya. Jam makan siang buka, tutup dulu sore, jam makan malem buka lagi. Setelah makan malam di Honolu, kita jalan kaki ke Dotonbori… karena sebenernya ngga jauh-jauh amat juga sih.. Pulangnya karena udah cape, kita balik ke apartemen dari stasiun namba ke daikokucho.

Day 02

Pagi-pagi, rasanya laper banget, sementara Aya masih tidur nyenyak. Jadinya saya keluar sendiri buat beli sarapan, sementara Yurra nunggu di apartemen sama Aya. Resto halal yang deket dari apartemen itu udah buka dong dari pagi, Alhamdulillah. Di resto Vitti ini makanannya macam-macam, sampai kue (cake) pun ada. Saya nanya sih, enaknya apa buat sarapan. Tadinya ditawarin ramen, tapi kan semalem baru makan ramen. Akhirnya saya makan soba dengan “mix vegetables and shrimp” on it.. which turns out to be.. mi dan bakwan. HAHAHAHA. Tapi enak sih… Saya juga pesen take away buat dibawa ke apartemen…Pesen kentang goreng, sama karage. Karage jadinya semacem bento gitu. Kentang gorengnya enak, ayamnya juga enak. Udah dapet salad juga. Saya sih lebih prefer Vitti daripada honolu, karena menunya banyak banget! Ngga cuma japanese cuisine, tapi menu makanan melayu juga ada. Tp kan ngapain makan makanan melayu kalau lagi di jepang, dengan harga standar jepang.. hehe… Sayang ga sempet cobain kue dan menu-menu lainnya.

Aslinya kita ke Osaka ini ga punya itinerary sama sekali. Jadi sampe apartemen sambil nunggu Aya bangun, saya coba googling tempat jalan-jalan seru buat anak di Osaka. Kita nemu NIFREL, aquarium dan semacam mini zoo¬†https://www.nifrel.jp/en/¬†yang terletak di expo city. Berhubung sebelumnya kita juga belum pernah ke expo city, jadi kita memutuskan untuk berangkat ke sana siang itu. Sekalian pengen liat pohon2 warna-warni khas musim gugur di Expo’70 Commemorative Park. Alhamdulillah kita beruntuuung banget, hari itu masuk parknya GRATIS! Jadi sebelum ke NIFREL, kita main dulu di park. Karena pagi itu hujan, siangnya mainannya jadi pada basah… jadi main perosotan pun sambil basah-basahan. Hihihi…

Selesai dari park kita lanjut ke NIFREL. Asliii bagus banget! Ngga cuma seperti aquarium pada umumnya, di NIFREL ini juga mendisplay karya-karya seniman yang bagus-bagus banget. Sayang ga sempet merhatiin siapa senimannya, namanya juga pergi bareng bocah, dia terlalu sibuk pengen buru-buru dan nyelupin tangannya ke aquarium yang isinya doctor fish. hahhahaha…. Susah menjelaskan betapa kerennya NIFREL ini.. mesti dateng sendiri ya kayanya, hihi…

Setelah beres jalan-jalan di NIFREL, kita lanjut ke lalaport expocity untuk makan malam. Disana ada sojibo, tempat makan soba yang halal. Menurut kita sih, dengan harga yang ditawarkan mereka (sekitar 1000an per set) bener2 memuaskan – dan mengenyangkan! Plus ada menu khusus anak, dan termasuk mainan! Balik dari expo city, kita jalan2 lagi ke dotonbori. Karena anaknya udah tidur, jadi kesempatan mamak untuk belanja… hihihi….

Insya Allah post selanjutnya cerita pas di Kyoto yaaa…