Buku Pertama : Allah Ciptakan Tubuhku & Free Printables

Sebenernya kalau mau cerita soal buku ini bakal panjang bangettt…

Kadang ada yang nanya, berapa lama kerjainnya? Kalau proses desain.. saya punnn udh ga inget lagi ini buku mulainya kapan. Kepotong sama kerjaan2 lain. Dan kalau proyekan pribadi pasti lebih perfeksionis. 

Kadang stuck di spread tertentu.

Ngga puas2, ngga bisa move on.

Sampai akhirnya menjelang ramadhan kemarin desainnya beres.

Siapa yang mengira kalau yg order tembus lebih dr 6000-an dalam 2 minggu. 

Padahal niat awalnya ya cuma biar bisa manfaat juga aja buat semua anak2 lain… selain neng aya.

Dikira proses cetak teh gampang aja mulusssss lusss lus…

taunya jalan tol aja kan ga bebas hambatan yah…

Kendala teknis tak terduga ada aja.

Saya aja baru tau kalo bikin cetakan  yang desainnya macem si buku ini teh taunya susah. Ya warnanya ga rata, ternyata kalau ngeblok ngeringinnya lama. Trus taunya mesti di QC tiap halaman sampe 2-3x demi bukunya kualitasnya maksimal.

Alhasil, perkiraan kirim mundur lagi mundur lg karena ya itu, banyak yg ga lolos QC. (But no worries, yg ga lolos insya Allah ga akan disia2kan, kita lg cari alternatif2nya disalurkan kemana aja)

Dan berapa kaliiii merasa bersalah sama yg order mesti nunggu lama ? bahkan ketika dipikir semuanya bakal berjalan lancar setelah kemunduran yg pertama teratasi.. taunya muncul lagi kendala di tengah jalan untuk ke2 kalinya.

(Kalo begini kayanya untuk buku ini mesti diakalin lg desain dan materialnya, soalnya menurut percetakan ga bs lg produksi dengan harga sama karena costnya tinggi. Sementara saya mah pengennya bukunya ttp dibawah 100rb.. jadi sepertinya pun kalau ada cetakan ke2 ga bakal sama lagi desainnya…)

Pusing? Yah.. iya pasti. Ga enak bangettt ama yang belom kebagian.

Secara bukan saya yang punya percetakan…ga mungkin saya mempercepat proses cetak.

dan saya jg merasa percetakan udh maksimaaal banget ngebantuin saya bikin buku ini, bageur nanggepin saya yang sering memforward pertanyaan2 customer yang selalu nanyain update kapan dikirim. rasanya sampe ngga tau mesti gimana lg yah… udah mentok usaha.

Tapi saya jg sambil kepikiran sih, mungkin emang jalannya begini. Qadarullah, pasti ada hikmahnya.

Saya sendiri banyak belajar dr proses ini, dari dateng ke percetakan, liat langsung, nongkrongin dari pagi sampe malem, liat betapa ribetnya QC, (sambil mikir mungkin emang si buku ini mesti sampai ke tangan orang2 yang sebenernya ngga mampu beli harga buku aslinya..)

Trus juga belajar hal2 krusial apa yg mesti diperhatiin sebelum naik cetak…betapa Allah menciptakan tiap orang berguna apalagi ketika bekerjasama satu dengan yg lain (pas lg takjub liatin kerjaan di percetakan)…

Si neng aya yg ditinggal ibunya seharian ke percetakan tp ga rewel.. suami yang dititipin anak pas saya ke percetakan, plus ketika saya udah ketiduran dia masih packing segitu banyak buku, pergi ke jne, tidur cuma sekian jam.. belom lg balesin chat ibu2 yang nagihin?

trus juga dapet temen2 pembeli dan reseller yang baik2 hatiiii sekali dan sabar menunggu keterlambatan ini ? plus yang kasih support, yang menyemangati terus, saling membantu antar reseller, dan kasih aneka masukan dan saran.

Dan yang paling mengobati kepusingan soal keterlambatan produksi adalah… respon yang udah nerima buku dan merasa bukunya.

Semoga yg belum menerima sekarang, akan merasakan hal yang sama ketika bukunya sudah sampai  di tangan..

Kalau ada yg bilang bagus, saya ngerasa semuanya karena Allah yang kasih saya kesempatan, ide, dan kemampuan dari segala penjuru, sampai di detik2 terakhir sebelum akhirnya naik cetak. Termasuk karena kemunduran waktu produksi setelah ramadhan yang mengharuskan saya menyetting kembali warna dll sekaligus memberi waktu saya memperbaiki isinya.

Alhamdulillah…alhamdulillah..

Innama’al usri yusro.

Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

 

Here are some sneak peek:

 

And free printables untuk mengobati keterlambatan nih…

Cara mainnya simple, bisa sebagai flash card, bisa juga untuk tebak2an..

Gunting jadi kartu, bacakan pertanyaan, dan ajak anak mencari jawaban yang cocok dengan memilih gambar yang sesuai dengan jawabannya 🙂

Selamat bermain 😀

Plus printable doa, supaya kita ingat untuk terus bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah beri, apapun yang terjadi, semoga kita tetap diberi kemudahan untuk mensyukuri Nikmat-Nya.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *