Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

1 Tahun (bikin buku) The Gang of Fur

By Posted on 0 No tags 2

Udah setahun dari awal “bikin buku”.. ngga kerasa ini udah mau ramadhan lagi.
Inget dulu awalnya sekedar suka bikin free printable buat anak sendiri plus berbagi manfaat supaya yang lain juga bisa pakai..
semacam apa yah, give back bakat yang udah dikasih ke saya gituuu…. ..
Nggak nyangka sih pas nawarin ngeprint bareng printable wipe and clean ternyata banyak yang pesen. Yang tadinya mau print aja jadi dicetak 1000 eksemplar.


Alhamdulillah. Kemudian inget lah itu desain buku yang udah hampir setahun nggak selesai-selesai dibikin di komputer. Buku Allah Ciptakan Tubuhku judulnya. Tadinya cuma karena “mumpung”… mumpung yang kemarin beli buku ramadhan masih pada fresh ingatannya sama karya saya, maka cusss lah diberesin itu buku dan buka PO. ..
Siapa yang nyangka kalau ternyata responnya luar biasa, Masya Allah. Dan kemudian berlanjutlah ke buku-buku selanjutnya. Can’t stop making more books and i’m so into it. Setelah puter sana sini yaaa, jadi pelukis, freelancer desain yang suka ikutan kontes, eeeh ujung-ujungnya kembali menekuni topik yang jadi tugas akhir kuliah : BUKU ANAK.
..
Sebagai ilustrator-desainer-seniman, i’ve been thru ups and downs, masa-masa berkarya suka-suka, masa menemukan bahwa menggambar makhluk bernyawa itu dilarang, masa denial, masa mencari pembenaran…
Masa mulai berusaha meninggalkan yang dilarang dan beralih ke yang boleh : menggambar makhluk cuma buat anak-anak (dan proyekan yang hasil akhirnya melibatkan anak-anak)…ambil kerjaan pun selektif, ikut kontes selektif…
..
Mungkin sebagian orang yang mau “meninggalkan” kerjaan gambar makhluk bernyawa sempat berpikir juga “lah terus gue ngapain, kan gue bagusnya gambar orang”… kerjaan gimana, dll… masa sih ga boleh dll, tapi kalau dari pengalaman saya, just leave it when your heart said so.
Trust your heart and listen. Tinggalin aja yang bikin hati kita ngga tenang deh. Kenapa?
..
“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.” (HR. Ahmad 5: 363)

And surely, janji Allah itu benar. Rejeki nggak pernah berkurang malah bertambah – if that is your worry, rejeki udah diatur kok.
Trus apa rasanya sekarang udah bisa dibilang cukup “sukses” jualan buku? Campur aduk.
..
Sebagai ilustrator buku anak, bikin buku itu SUPER MENYENANGKAN. I do what i want to do, what i’m good at, and what i enjoy to do.
Dari pas SMA saya udah tau mau masuk DKV, dan ketika akhirnya bener masuk, i really enjoy my study – terutama praktek ya, kalo teori suka bolos hahahahah.
Jadi setelah beres 1 buku anak, di otak rasanya banyakkkk banget ide2 buku lain. Buku ini lah belum ada kayaknya yang bikin, buku itu lah juga belum. SO HARD TO STOP.
Kadang karena saya orangnya workaholic tapi suka ngga fokus, i made different books at one, yang kemudian entah mana yang selesai… yang mana yang gak beres-beres.
..
Tapi pencapaian bikin 7 buku (+2 jurnal) setahun termasuk produksinya adalah… pencapaian yang bikin bengong juga. Alhamdulillah, dikasih jodoh yang pas banget : yang tanpa dia mah mungkin jualan juga nggak akan pada kekirim.
Paket nggak ada yang bungkusin. Dagangan ga ada yang bener nyatetin. So maybe this is why we are here in this world.
Sampai sekarang, dengan banyaaaak banget support dari reseller, customer, selama setahun usaha yang baru dijalanin berdua + ayala yang suka jadi tukang revisi dll +++ bantuan dari keluarga, karyawan pinjeman dll…dengan izin Allah udah menyebarkan lebih dari 50.000 eksemplar buku dalam setahun.
TERIMA KASIH BANYAK SEMUAAAA atas supportnya💛💛
..
Mungkin kalau yang nggak ngikut dari awal keliatannya “enak yaaa jualan rame banget”… iya ALHAMDULILLAH MEMANG ENAK sungguh nikmat Allah yang mana lagiii yang mau didustakan…
Walau dibalik kenikmatan ini kita juga jungkir balik menghadapi susahnya proses cetak, keterlambatan yang bikin kecewa, apalagi kalau udah ada customer yang marah-marah dan ngira kita NIPU… sementara kita sebagai yang dagang, gak boleh baper.
Pe-er sebagai suami istri yang jualan bareng ini untuk saling mengingatkan : SABAR. Kita nggak bisa membuat semua orang senang, walaupun udah jungkir balik usaha.

Susah buat nggak baper ketika kita udah put all of our effort, sementara sebagai manusia KITA TEMPATNYA SALAH…
Ada aja yang skip, ada aja yang salah, ada aja yang kelewat, adaaaa aja yang nggak sempurna dan mengecewakan.
Ada waktu juga mungkin kitanya yang salah ngomong, salah nulis di buku, salah konten, salah menjelaskan…
..
tapi walau disalah-salahin juga ternyata nggak enak….
Sometimes we need to step back and remember…
We started this to PLEASE ALLAH… (not only to please people.. because some people are hard to please.. hehe )
so dont GIVE UP. SAY SORRY and TRY TO SERVE BETTER. ..
Kadang berat juga ketika kita yang baru mulai belajar ini dikejer ekspektasi layaknya penerbit besar… Walaupun itu memacu kita untuk memberi yang lebih baik, untuk membesarkan usaha ini..

Tapi semoga niat awal kami untuk menginspirasi tetap sampai.. begitu pula manfaatnya.
..
Jadi kita mau MOHON MAAF SEBESAR-BESARNYA atas semuaaaa kesalahan yang pernah kita lakukan,
yang salah kirim, salah cetak, salah ngomong, chat yang menyinggung hati, dan lain sebagainya selama 1 tahun ini.
pas bangett momennya mau Ramadhan… …
Kalau ada saran kritik mengenai buku2, printable dll, boleh banget email ke saya loveshugahlovesyou@yahoo.com
..
Insya Allah menjadi masukan untuk kita ke depannya…
Kita juga mohon doanya semoga keluarga TGOF, reseller, customer, semuaaa diberi kesehatan dan kemudahan sehingga bisa terus berbagi ilmu untuk anak-anak Indonesia 🙂

ini adalah revisi stiker buku Ramadhan wipe and clean ya. Karena ada kesalahan ketik yang seharusnya “jazakallah” seperti di buku Allah Selalu Ada Untukku, malah ditulis “jazakumullah”.
buku wipe and clean ini stikernya hanya bisa sekali pasang, jadi kita kasih free printablenya untuk diprint ulang jika mau main lagi 🙂

 

DOWNLOAD DI SINI

 

(Visited 1,086 times, 1 visits today)

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *